Skip to main content

Konstruksi Kecantikan Dalam Iklan

Iklan ialah promosi barang, jasa, perusahaan dan ide yang harus dibayar oleh sebuah sponsor. Pemasaran melihat iklan sebagai bagian dari strategi promosi secara keseluruhan. Komponen lainnya dari promosi termasuk publisitas, relasi publik, penjualan dan promosi penjualan.

Dewasa ini, iklan semakin kreatif dalam menyajikan produknya. Iklan bukan lagi ingin mempromosikan barang A atau B, namun lebih dari itu, iklan menyebabkan konsumen sadar akan kebutuhannya. Kesadaran palsu, bahwa iklan sabun menyadarkan sebuah kepalsuan yang ada dalam diri setiap wanita, bahwa tampilan cantik dengan kulit putih mulus adalah dambaan setiap orang. Sehingga kemudian perempuan-perempuan diseluruh penjuru negeri berbondong-bondong berbelanja produk kecantikan yang kini sudah bermacam-macam, mulai yang murahan, murah, dan high class.

Kesadaran palsu yang menghinggapi setiap perempuan ini akhirnya di tangkap oleh gerakan feminis yang kemudian menamai dirinya feminis eksistensialis. Akhirnya dalam feminis eksistensialis ini terciptalah konsep perempuan yang malafide, yaitu perempuan manusia yang kalah dalam proses mempertahankan eksistensinya. Salah satu bentuk malafide adalah the narcistic, yaitu perempuan yang menjadi sadar akan penampilannya sehingga mereka berusaha untuk memperbaiki penampilannya yang sesungguhnya merupakan jalan agar perempuan tadi indah untuk dilihat oleh laki-laki. Dengan kata lain laki-laki akan lebih terpuaskan menjadikan perempuan sebagai obyeknya.

Cantik adalah bertubuh langsing, berkulit putih mulus, dan rambut lurus tergerai. Itulah konsep kecantikan yang saat ini dianut oleh banyak perempuan dan laki-laki. Model yang digunakan oleh iklan kecantikan memang seperti itu, semuanya serba langsing dan berkulit putih mulus. Iklan-iklan tersebut seakan-akan ingin menciptakan konsep cantik yang didasarkan pada model iklan, sehingga ketika konsumen mandi, atau menggunakan produk kecantikan lainnya bisa membayangkan bahwa setelah mandi ia bisa menjadi Luna Maya (iklan sabun Lux yang sudah di stop peredarannya).

Ini tentu saja menciptakan gap antara perempuan yang berkulit putih dan perempuan yang berkulit sawo matang sebagaimana warna kulit rakyat indonesia. Bahkan dalam pandangan kaum laki-laki kasus ini semakin menyakitkan kaum perempuan yang tidak memenuhi standar kecantikan umum tersebut. Padahal banyak sekali konsep kecantikan yang tidak mempedulikan fisik perempuan, namun kualitas pribadi perempuan yang sesungguhnya bisa di ciptakan dengan kesungguhan diri perempuan. Sebagaimana konsep perempuan cantik menurut H. Rhoma Irama dalam lagunya yang berjudul Sholeha “Setiap keindahan yang tampak oleh mata. Itulah perhiasan, perhiasan dunia. Namun yang paling indah di antara semua Hanya isteri salehah, isteri yang salehah”. Perempuan yang sholeha bisa di capai oleh seiapapun, meskipun berkulit hitam legam, atau memiliki rambut kawul, bahkan bisa dimiliki oleh orang yang hidup di bawah jembatan.

Seandainya setiap orang memahami bahwa konsep kecantikan tidak semata pada kondisi fisik, namun dalam rohani maka semua orang akan berlomba-lomba menjadi orang baik. Lihatlah bagaimana konsep kecantikan di bawah ini,

Untuk membentuk bibir yang menawan, ucapkanlah kata-kata kebaikan. Untuk mendapatkan mata yang indah, carilah kebaikan pada setiap orang yang anda jumpai.

Untuk mendapatkan bentuk badan yang langsing,bagikanlah makanan dengan mereka yang kelaparan. Untuk mendapatkan rambut yang indah, mintalah seorang anak kecil untuk menyisirnya dengan jemarinya setiap hari. Untuk mendapatkan sikap tubuh yang indah, berjalanlah dengan segala ilmu pengetahuan, dan anda tidak akan pernah berjalan sendirian. Manusia, jauh melebihi segala ciptaan lain. Perlu senantiasa berubah, diperbaharui, dibentuk kembali,dan diampuni. Jadi, jangan pernah kecilkan seseorang dari hati anda. Apabila anda sudah melakukan semuanya itu, ingatlah senantiasa. Jika suatu ketika anda memerlukan pertolongan, akan senantiasa ada tangan terulur. Dan dengan bertambahnya usia anda, anda akan semakin mensyukuri telah diberi dua tangan, satu untuk menolong diri anda sendiri dan satu lagi untuk menolong orang lain. Kecantikan wanita bukan terletak pada pakaian yang dikenakan, bukan pada bentuk tubuh, atau cara dia menyisir rambutnya. Kecantikan wanita terdapat pada mata, cara dia memandang dunia. Karena di matanya terletak gerbang menuju ke setiap hati manusia, di mana cinta dapat berkembang. Kecantikan wanita bukan pada kehalusan wajah. Tetapi pada kecantikan yang murni, terpancar pada jiwanya, yang dengan penuh kasih memberikan perhatian dan cinta dia berikan. Dan kecantikan itu akan tumbuh sepanjang waktu. Kecantikan wanita ada pada sikap lembutnya, yang terpancar dari keihlasan hati dalam merawat dan menjaga keluarga “Wanita yang cantik Adalah Wanita yang bisa menjaga harga dirinya”

Lihat betapa indahnya bila semua orang di dunia ini, baik laki-laki maupun perempuan memahami bahwa cantik adalah masalah hati, bukan lagi fisik yang di agung-agungkan. Bahwa hati nurani, intelegensi, kepribadian dan inner beauty dapat menjadikan perempuan memiliki kecantikan abadi.


Comments

  1. Harga Jual Paving Block Bagi anda yang sedang mencari material Paving Block kami jual Paving Block berkualitas dengan harga yang bersaing. Selain memproduksi material Paving Block dengan berbagai macam type seperti Paving Block Model Bata, Paving Block Model Topi Uskup,Paving Block Model Cacing, Paving Block Model Hexagonal atau Segienam, Paving Block Model Trihex.

    ReplyDelete
  2. Artikel yang sangat membantu. Kunjungi website kami yaa http://pkmgogogo.com/wiki/Barang_promosi884 Terimakasih.

    ReplyDelete
  3. artikel yang sangat menarik dan bermanfaat untuk di simak

    ReplyDelete

Post a Comment

semoga artikel ini berniat baik pada pembaca, komentar pembaca akan membangun blog ini.

About Me

My photo
Fathul Qorib
Lamongan, Jawa Timur, Indonesia
pada mulanya, aku adalah seorang yang cerdas sehingga aku ingin mengubah dunia. lalu aku menjadi lebih bijaksana, kemudian aku mengubah diriku sendiri.