Skip to main content

Pare in English


Jika kita membicarakan bahasa inggris, maka kita sebagai orang Indonesia harus mengenal Pare. Sebagai “kampung inggris”, Pare menyajikan berbagai macam cara untuk menguasai bahasa tersebut. Penyebutan “kampung Inggris” ini juga merupakan salah satu hal terunik yang ada di dunia. Karena tidak ada di kota lain, yang berhak menyandang nama kampung bahasa tertentu di dunia. Dengan adanya penyebutan ini, menjadi nyatalah bahwa kebutuhan akan bahasa internasional itu menjadi penting.

Saya tidak di bayar untuk membangga-banggakan pare sebagai kampung inggris. Namun saya terlah mencoba belajar disana, dan bisa saya katakan kalau saya adalah alumni dari kampung tersebut.

Pertama saya survey ke sana, saya terkejut atas sarana/prasarana yang disediakan oleh masing-masing kursusan. Saya membayangkan bahwa kursus bahasa inggris disana sama dengan kursus ditempat lain, dengan asumsi ;gedung yang bagus, kursi berderet-deret, alat multimedia, dan tutor yang berpengalaman dari Amerika atau British. Begitulah awalnya, dan betapa kagetnya saya ketika mengetahui bahwa disana adalah kebalikan dari semua bayangan saya tersebut.

Saya kecewa atas pandangan saya sendiri. lihat, saya kecewa kepada pandangan diri saya sendiri terhadap sistem pendidikan. Saya menganggap, semua hal yang berbau modernitas akan membawa dampak yang sangat-sangat positif. Dan itu tidak berpengaruh disini.

Saya menjumpau gubuk-gubuk beratap rumbia. Kelas-kelas diatas karpet yang terbentang. Rumah-rumah warga yang dikontrakkan untuk belajar bersama. Serta tutor-tutor muda dan bersemangat yang berasal dari lulusan sendiri. Dengan hal tersebut, Pare berkembang menjadi sebuah basis kekuatan pembelajaran bahasa inggris yang dominan, bahkan di Asia Tenggara. Menakjubkan bukan?

Saya sempat belajar disana selama dua bulan. Saya memilih tempat (yang saya sebenarnya tidak tahu, tapi ternyata salah satu dari yang) terbaik. Yaitu KRESNA. Berdasarkna informasi yang saya dapat, KRESNA termasuk dari lembaga kursus yang biayanya termurah. Meskipun murah sekali (2 minggu = 35rb, atau langsung seluruh materi ngebut selama dua bulan seperti saya dengan biaya 300.000) namun kualitasnya tidak kalah dengan lembaga kursus yang berbiaya mahal.

Saya telah membandingkannya. Jadi tidak usah ragu. Saya juga tidak di bayar oleh KRESNA untuk membahas kebaikan lembaga tersebut, namun apa saya kalau saya puas dan kemudian menuliskannya disini? Datanglah ke Pare dan carilah lembaga yang bisa memuaskan anda.

Disana anda bisa belajar khusus Grammar, khusus Speaking, Pronounciation, dan lain-lain dah, banyak sekali. Jangan lupa, pelarajan dimulai setiap tanggal 10 dan 25, jadi datanglah sebelum tanggal itu untuk mendaftarkan diri dan mencari kos atau camp.

Comments

About Me

My photo
Fathul Qorib
Lamongan, Jawa Timur, Indonesia
pada mulanya, aku adalah seorang yang cerdas sehingga aku ingin mengubah dunia. lalu aku menjadi lebih bijaksana, kemudian aku mengubah diriku sendiri.